Gerrard, Legenda Yang ‘hampir’ Tanpa Cela

Ungkapan legenda biasanya terlampir pada seseorang yang sudah mengabdikan dirinya pada satu bidang dan bisa memberikan kontribusi luar biasa di bidang tersebut. Di sepakbola ungkapan legenda biasanya hadir untuk pemain yang memberikan loyalitas dan prestasi yang panjang bagi timnya, serta tidak goyah untuk hijrah klub yang lebih besar. Di liga yang disebut sebagai terbaik di dunia, yakni EPL ada beberapa legenda sepakbola liga Inggris yang hingga kini masih aktif bermain, sebutlah John Terry dan Frank Lampard yang dimiliki Chelsea, Wayne Rooney yang dimiliki Manchester United atau Steven Gerrard yang setia membela panji Liverpool sejak awal karier.
Semua legenda memiliki cerita dan sejarah masing-masing, namun khusus untuk Steven Gerrard ada cerita yang menarik yang mengiringi labelnya sebagai legenda hidup Liverpool. Tak lain adalah kharisma dan kepemimpinannya yang sangat besar, ketika Terry/Lampard di skuad Chelsea di topang oleh banyak pemain nomor satu, Gerrard harus puas dengan sokongan pemain seadanya. Begitupun ketika Rooney di manjakan kawan yang berlabel bintang seperti Cristiano Ronaldo, Gerrard harus puas sebagai figur sentral satu-satunya yang dimiliki Liverpool.

Selama kariernya di Liverpool mungkin hanya Fernando Torres dan Luis Suarez yang berhasil menjadi tandem kebintangan sinarnya itupun tidak bertahan lama karena baik Torres maupun Suarez di lego ke klub lain. Selebihnya Gerrard harus puas dengan rekan yang hanya sebagai pelengkap di banding memiliki skill sepadan dengan dirinya. Wajar jika akhirnya prestasi Liverpool sangat tersendat semenjak juara UCL 2005, jangankan untuk bisa juara Liga Inggris hanya sekedar lolos ke Liga Champions saja Liverpool sangat sulit mendapatkannya.

Di Liverpool, Gerrard menjelma bukan hanya sekedar legenda sepakbola Inggris namun juga kakak yang menjadi mentor bagi pemain-pemain muda Liverpool untuk berkembang. Semua pemain Liverpool umumnya mencari pengalaman pada dirinya. Kini, di akhir musim 2014-2015 perjalanan panjang karier Gerrard hampir akan berakhir. Tutup sudah semua cerita indah yang di ukirnya bersama Liverpool. Sebagai Legenda Gerrard sudah mempersembahkan cukup banyak gelar, salah satunya gelar tertinggi klub di Eropa Liga Champions.
Satu cela yang masih tersisa adalah kegagalannya dalam memberikan gelar juara liga Inggris, namun percayalah itu semata bukan hanya salah dirinya. Namun, minimnya pemain bintang penopang yang bisa menemani Gerrard dalam memburu gelar bisa menjadi alasannya. Disaat tim besar lain seperti MU, Chelsea dan City banyak memperkuat bintang. Selama satu dekade terakhir, Liverpool malah jarang menambah bintang nomor satu di berbagai lini. Inilah yang membuat skuad Liverpool kurang kompetitif dalam memburu gelar Liga Inggris dan membuat legenda hidup Anfield meninggalkan sedikit’ cela di akhir kariernya.

Selamat jalan Legenda, Anfield pasti merindukanmu.
Description: Gerrard, Legenda Yang ‘hampir’ Tanpa Cela
Rating: 4.5
Reviewed by: Sigithr
On: 01.19
TOP